Friday, December 6, 2013

Bimbisara [Raja Pertama Penyokong Sang Buddha]

Raja Bimbisara sejak dulu telah menawarkan setengah dari kerajaannya kepada Pertapa Gotama, saat Pertapa Gotama pergi melepaskan keduniawiannya kerana Beliau ingin mencari Pencerahan. Raja Bimbisara meminta Beliau agar berkenan kembali ke Rajagaha untuk mengajarkan Dhamma begitu Sang Pertapa telah mendapatkan apa yang Ia cari.
Ketika Pertapa Gotama telah menjadi Buddha, Seorang yang Telah Mencapai Penerangan, beliau tidak melupakan janjiNya untuk kembali. Dengan diikuti oleh sejumlah besar muridNya, Beliau memutuskan untuk mengunjungi Rajagaja. Ketenaran Beliau sebagai guru spiritual telah menyebar di kota itu dan hal itu akhirnya diketahui oleh raja Bimbisara.
Demi mendengar bahwa Sang Buddha telah tiba di gerbang kota, Raja dengan sejumlah besar pengawalnya pergi untuk menyambut Sang Buddha dan para muridNya. Ia mendekati Sang Buddha dan memberikan salam hormatnya; tetapi para pengawal raja tidak tahu kepada siapa mereka harus memberi hormat; kepada Sang Buddha atau kepada Yang Mulia Kassapa. Mereka ragu apakah Sang Buddha yang menjalani kehidupan suci dibawah bimbignan Yang Mulia Kassapa ataukah sebaliknya, karena mereka berdua sama-sama merupakan guru-guru spiritual yang amat disegani.
Sang Buddha membaca pikiran mereka dan bertanya kepada Yang Mulia kassapa mengapa ia meninggalkan cara-cara pemujaan-apinya. Mengerti maksud di balik pertanyaan tersebut, Yang Mulia Kassapa menerangkan bahwa ia lebih senang dengan keadaan damai Nibbana daripada kesenangan-kesenagan inderawi. Setelah itu ia menjatuhkan dirinya di kaki Sang Buddha dan berkata, "Guruku, Sang Buddha, adalah Sang Bhagava; saya adalah murid Beliau".
Orang-orang yang menpunyai keyakinan merasa sangat bahagia mendengarkan percakapan tersebut. Kemudian Sang Buddha membabarkan Dhamma, dan raja Bimbisara mencapai tingkat kesucian pertama. Setelah menembus jalan tersebut, raja bimbisara mengatakan kepada Sang Buddha, “Dulu, O Sang Bhagava, ketika saya masuih sebagai seorang pangeran, saya mempunyai lima harapan. Kelimat harapan tersebutkini telah terpenuhi. Harapan saya yang pertama adalah menjadi Raja. Harapan yang kedua adalah bahwa Samma Sambuddha mau mengunjungi kerajaanku. Harapan yang ketiga adalah bahwa saya akan menjadi pengikut dari Samma Sambuddha tersebut. Harapan yang keempat adalah bahwa Beliau berkenan membabarkan Dhamma kepada saya. Harapan yang kelima adalah bahwa saya dapat mengerti ajaran/Dhamma tersebut. Kini kelima harapanku itu telah terpenuhi”.
Karena merasa amat berterima kasih atas hadiah Dhamam dari Sang buddha ini, raja bimbisara mempersembahkan sebuah taman dengan hutan bambu yang tenang kepada Sang Buddha dan para muridNya untuk dipergunakan. Taman ini kemudian diberi nama Hutan Bambu. Sang Buddha menghabiskan tiga masa vassa berturut-turut disana dan tiga masa vassa lainnya kemudian.

Setelah mendengarkan Dhamma, raja Bimbisara menjadi penguasa yang baik dan setia pada agama. Tetapi kaerna disebabkan oleh karma buruknya yang lampau ia harus menghadapi kematian yang tidak pada waktunya serta menyengsarakan yang disebabkan oleh kekejaman putranya sendiri.

No comments:

Post a Comment